Senin, 27 April 2015

ORIGINAL KLAPERRTART





Selalu sukaaa banget kalau sudah buat kue satu ini, suka nyetok dikulkas , dingin benar-benar nikmat, gak pernah bosan  deh buat si klappy ini.  Sering intip2 resep klappertaart hana and wilton, dua2nya pernah aku coba, dan kemarin pengen coba perpaduan antara klappy hana dan wilton yang di adaptasi dari just ordinary kitchen, semuanya sama-sama enak, yang gak enak cari duit buat beli bahannya, hehehehe…..

Bahan :
750 ml susu cair (fresh milk)
150-200 gr gula pasir
250 ml fresh cream/whip cream cair (atau bisa dibuat dari whip cream bubuk dicampur dengan air takaran sesuai instruksi pada kemasan)
125 gr tepung maizena
75 gr terigu protein sedang (all purpose)
150 gr butter/margarine
6 butir kuning telur, kocok lepas
5 butir kelapa muda, dikeruk
½ sdt essence vanilla

Topping (Original) :
Kenari, panggang dan cincang atau iris memanjang
Kismis, potong2, rendam air panas sebentar, peras dan tiriskan
Kayu manis bubuk





Cara membuat :
1. Campur fresh cream/whip cream cair, tepung maizena, tepung terigu dan telur. Aduk rata hingga lembut dan tercampur rata tidak bergerindil.sisihkan.
2. Panaskan susu cair dan gula pasir, aduk hingga gula pasir larut dan susu mendidih (gunakan api kecil saja dan aduk terus agar susu tidak pecah). Masukkan campuran fresh cream/whip cream kedalam susu. Aduk dengan cepat sampai rata dan halus sampai mengental, aduk terus perlahan dan continue sampai adonan panas dan meletup-letup matikan api.
3.Panas-panas,masukkan butter/margarine, aduk rata hingga seluruh butter/margarine larut. Masukkan kelapa muda.Aduk rata. Masukkan kelapa muda. Aduk rata. Masukkan essence vanilla. Aduk rata.
4. Tuang kedalam pinggan kaca atau cup aluminium. Dinginkan hingga uap panasnya hilang, beri topping (kismis, kenari dan kayu manis bubuk) dan dinginkan di kulkas. Siap disajikan, dingin lebih nikmat.

Jika ingin menggunakan topping putih telur (dipanggang au bain marie) :
6 putih telur
¼ sdt garam
1 sdt air jeruk lemon/nipis
4 sdm gula pasir
2 sdm terigu

Cara membuat :
1. Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis sampai berbusa (setengah mengembang), masukkan gula pasir sedikit demi sedikit, sambil terus dikocok hingga kaku. Masukkan terigu. Aduk rata perlahan dengan spatula. Masukkan kedalam kantong segitiga (piping bag).
2. Semprotkan keatas adonan klappertart sampai cukup tinggi . Beri kismis, kenari, dan akayu manis bubuk. Panggang dengan cara au bain marie sampai topping berwarna kuning kecoklatan.

Lets baking….^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar