Minggu, 22 Februari 2015

Cinnamon roll bun







he...he...he...., cinnamonnya narsis juga.....:)


Cinnamon Roll ini entah sudah yang keberapa kali mungkin aku buat, coz rasanya itu lhooo....., buat seisi rumah melting....ha....ha...ha, satu....,dua...,tiga...., gak terasa sudah habis aja satu loyang besar roti ini...., o ya...,waktu itu aku iseng browsing tentang resep sweet bread, tanpa sengaja mata ini liatin picture roti cinnamon ini, lho..., kok bentuknya unik yaaa...., langsung dech jari jari ini gatel searching nama dan resep roti ini, akhirnya aku terdampar di situsnya laura kitchen, xixixi, bahasanya.....,emang perahu terdampar...., aku pikir pasti deh susah buat roti ini, ternyata membuatnya tidak serumit yang aku bayangkan, pertama kali praktekin langsung berhasil lho...., iiihh seneeeeng banget, dibawah ini resep cinnamon roll yang sudah aku modifikasikan sendiri

CINNAMON ROLL
by : bunda fatih & akbar

Bahan bahan
500gr tepung protein tinggi
100gr gula pasir
27gr susu bubuk
11gr ragi instan
1/2 sdm SP
1/2 sdt garam
2 kuning telur
250 ml susu UHT dingin
2 sdm butter/margarine


Filling
Palm sugar
bubuk Cinnamon(kayu manis)
butter

Frosting*
3 sdm cream cheese
1 sdm  butter
1 sdm gula halus
susu cair

*aku skip, aku menggunakan frosting WCC yang di lelehkan


Cara membuat

Masukkan bahan cair terlebih dahulu kedalam mixer (susu,telur,SP, kuning telur, dan  garam) aduk sampai tercampur rata

Kemudian masukkan bahan kering yang sudah dicampur terlebih dahulu, seperti tepung, ragi, dan susu bubuk, aduk sampai setengah kalis, masukkan butter/margarine, aduk kembali sampai benar benar kalis, tandanya adonan apabila dibentangkan tidak mudah robek, proofing selama 30-50 menit,  tergantung suhu ruangan yaaa....

siapkan pinggan tahan panas (aku pakai loyang uk 24X22X3) oles dengan butter

setelah proofing pertama, kempeskan adonan, rolling adonan diatas meja yang sudah ditaburi sedikit tepung, oles permukaan dengan butter, masukkan cinnamon bubuk dan palm sugar yang telah dicampur terlebih dahulu, kemudian gulung, rekatkan sisinya dengan air putih, rapikan.

kemudian dipotong potong , letakkan diatas loyang, proofing kedua hingga mengembang
panggang dengan  suhu 200  derajat Celcius selama 12-15 menit atau sampai berwarna kecoklatan
selagi hangat oles dengan bahan frosting...


 penampakan setelah di beri filling dan proffing ke dua



 setelah di frosting


Rotinya benar benar lembut, satu gak bakalan cukup, pasti deh pengen nambah lagi..........he..he...he...

Okeeey, selamat mencoba, happy baking friends...:)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar