Selasa, 24 November 2015

Homemade burger



Beberapa hari yang lalu aku pengen membuat burger, segala sesuatunya sudah aku siapkan tidak ada yang tertinggal satupun, hari itu waktu menunjukkan pukul 11.05, siang banget..., hadeeeh...tersita untuk membereskan yang lain, sewaktu ingin di eksekusi handphoneku berbunyi...., aku lihat dari ustazah kakak di sekolah, feelingnya sudah gak enak nich...., benar juga...., ustazah memberitahu, kalau kakak sakit..., jiah cepat-cepat bahan-bahannya aku rapikan dan langsung bersiap menjemput kakak, sesampai di sekolah, wajah kakak terlihat lesu dan pucat, dari ustazah aku tahu kakak mimisan sudah beberapa hari ini di sekolah, perasaanku mulai galau, kenapa nich anak, akhirnya keesokan hari aku langsung berangkat ke mitra keluarga untuk memeriksa sebenarnya ada apa dengan anak ini, setelah di priksa dokter , kakak di anjurkan untuk skrining yaitu tes darah tepi untuk mengetahui apakah ada sel blast dalam tubuh sehingga bisa cepat didiagnosa, sebagai seorang ibu pikirannya sudah gak karuan, ditambah lagi si dokter berkata supaya aku tenang dan berdoa semoga tidak ditemukan hal-hal yang aneh nantinya, waaaah bawaannya pengen nangis aja, setelah beberapa jam tes skriningnya berjalan lancar, dan hasilnya pun sudah didapat,  aku terus berdoa..., dokterpun membacakan hasil skriningnya, dan tidak di temukan sel blas dalam tubuh, gambaran darah tepi juga normal, hanya ditemukan hipersegmentasi neutrofil, yaitu kekurangan zat hijau, Alhamdulillah ya Allah..., rasanya plong aja hati ini, ich lebay amat...., mulai sekarang kakak harus dicekokin banyak dedaunan wkwkwk.., kakak kalau makan sayur suka pilih-pilih, hehehe...curhat nich. Kembali ke burger, setelah tertunda beberapa hari karena ngerawat kakak..., akhirnya burger ini bisa aku eksekusi hari ini, awal-awal aku juga pernah posting homemade burger, namun kali ini resepnya sedikit di modifikasi



Homemade burger
By : dyah bunda fatih&akbar


Bahan-bahan :

200 gr terigu protein tinggi
50 gr terigu protein rendah
25 gr gula pasir
7 gr ragi instan
1 sdm susu bubuk
1/4 sdt bread improved
2 kuning telur
150 ml susu cair dingin, pemakaian bisa lebih bisa kurang
30 gr margarine/butter
1/4 sdt garam

Taburan :
Wijen sangrai

Olesan :
Putih telur dan 1 sdm susu cair

Pelengkap :

Fish patty/beef patty atau suka-suka
Daun selada
Tomat, iris tipis
Timun, iris tipis
Bawang bombai
Keju
Saus tomat
Saus sambal
Mayonais


Cara membuat :

1. Panaskan oven dengan suhu 200° C, Campur terigu,gula pasir,ragi, susu bubuk, dan bread improved aduk rata, tambahkan telur dan susu cair dingin sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur, tambahkan margarine dan garam mix sampai benar-benar kalis, siapkan meja kerja yang sudah ditaburi tepung tipis, uleni hingga licin, tutup dengan plastik wrap, istirahatkan kurang lebih 45-60 menit hingga adonan mengembang
2. Kempiskan adonan, bagi menjadi 8 bagian dengan berat yang sama, bulatkan, tata diatas loyang yang sudah dioles dengan margarin, tekan-tekan pelan dipipihkan, tutup dengan plastik wrap, diamkan kembali 35-45 menit
3. Oles dengan bahan olesan taburi dengan wijen, panggang dengan suhu 200°C selama. 15 menit atau sampai berubah warna kuning kecoklatan, angkat dan dinginkan di rak kawat
4. Penyajian: belah dua roti, panggang sebentar di pan, oles satu bagian permukaan dengan saus tomat, dan saus cabai, letakkan daun selada, patty kesukaan(aku pakai beef patty), keju, irisan tomat dan timun kemudian bawang bombai, beri mayonais, dan tutup dengan bagian potongan roti, siap disajikan







Burgernya aku beri banyak daun selada biar dimakan kakak, walaupun mukanya sudah terlihat meringis saking gak doyan gitu, tetap dipaksa, hiks hiks hiks...edisi gak tegaan, tapi demi kebaikan harus itu..., hufft selamat menikmati yaaa kak..., semoga neutrofilnya semakin meningkat.....xixixixi....^^




Happy baking guys

Tidak ada komentar:

Posting Komentar