Senin, 09 Mei 2016

Homemade Lasagna



Yuhuuuuu...edisi libur hari terakhir dihari minggu. Bikin sarapan yuuuk...., ngubek2 dapur dan mengeluarkan isi kulkas dan semua pasti serba kebetulan, isi kulkas pas banget untuk membuat lasagna, punya daging giling, kulit lasagna instan, dan printilannya yang lain....siiiip deh xixixixi. Btw sudah pada tau kan lasagna itu apa? So pasti sudah yaaa..., hayooo yang belum tau ngacung....wkwkwkw. Baiklah gak ada salahnya aku jelaskan sedikiiit aja tentang lasagna ini. Lasagna adalah makanan italia yang berupa pasta, didalamnya diisi daging-dagingan baik sapi atau ayam, dan ada juga yang mengisi dengan sayur-sayuran, pastanya terbuat dari terigu yang di giling tipis berbentuk persegi, setelah di beri bahan isi dipanggang hingga matang.
Sejarah Lasagna sebenarnya terdapat banyak versi ada yang mengatakan berasal dari yunani, ada juga yang mengatakan Lasagna adalah resep dari inggris...hummm...whatever lah yang penting resep ini sudah diadopsi oleh bangsa kita yang disesuaikan dengan lidah orang-orang indonesia.


Homemade Lasagna
By : dyah bunda fatih&akbar

Bahan saus merah(bolognase):
250 gr daging sapi giling
1/2 buah bawang bombai cincang kasar
3 siung bawang putih
1 buah tomat ukuran besar blender buang kulit luarnya
2 sdm saus tomat
1 sdm pasta tomat
Oregano secukupnya
Basil secukupnya
Gula
Garam
Kaldu bubuk secukupnya
150 ml air
Olive oil untuk menumis ( bisa diganti minyak sayur)

Saus putih (bachamel):
2 sdm butter
2 sdm terigu
500 ml susu cair
65 gr Cheese spreed
Keju cheddar secukupnya
Jamur merang secukupnya
Pala secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Gula
Garam

Topping:
Mozarella cheese

Kulit lasagna instan

Cara membuat:

Saus merah :  tumis bawang bombai, dan bawang putih hingga harum, masukkan daging giling, tumis hingga daging berubah warna, tambahkan tomat yang sudah di blend, saus tomat,pasta tomat, aduk hingga tercampur, beri basil dan oregano tambahkan gula,garam, dan kaldu bubuk dan air, aduk hingga bumbu meresap periksa rasa. Matikan api, sisihkan.

Saus putih :
Panaskan butter, masukkan tepung aduk hingga tepung terlihat menggumpal, tambahkan 2 sdm susu aduk cepat, cukup dengan api kecil jangan sampai tepung berubah kecoklatan karena akan mempengaruhi rasa, masukkan jamur, keju dan tambahkan sisa susu, aduk cepat hingga licin dan mengental, periksa rasa, matikan api, sisihkan.

Kulit Lasagna:
Didihkan air, rebus kulit Lasagna hingga aldente, beri 1 sdm minyak sayur saat merebus

Penyelesaian :
Siapkan loyang atau cup atau pinggan tahan panas, tata kulit lasagna di dasar cup beri saus merah kemudian saus putih, tutup lagi dengan kulit lasagna dan seterusnya sampai menutupi cup, sebaiknya lapisan atas saus merah dan putih bukan kulit lasagna karena apabila kulit lasagna pada lapisan atas pada saat dipanggang akan kering dan keras, terakhir beri parutan keju mozarella dan taburi oregano, panggang dengan suhu 180°C selama 25 menit, angkat dan sajikan











Note:
Sajikan dengan saos sambal botolan, akan terasa lebih nikmat....😊 dan alangkah baiknya menggunakan kulit Lasagna buatan sendiri...kalau aku ambil praktisnya ajah qiqiqi...next time buat kulit Lasagna sendiri...😊




Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar