Rabu, 11 Mei 2016

Kue sarimuka



Kue ini aku buat untuk teman yang dalam masa penyembuhan, sudah beberapa hari ini dia pengen banget dibuatkan sarikaya ketan, tapi aku kok ya gak kepikiran terus yaaa, akhirnya kemarin ada ketan sisa membuat kue lupis aku sempatkan untuk membuat kue sarimuka ini, o....ya...disetiap daerah punya nama yang berbeda ya untuk kue ini, kalau di Lombok kue ini namanya sarimuka. Pada saat bulan ramadhan nanti dipasar atau di jajanan kaki lima pasti bertebaran yang menjajakan kue sari muka ini. Sebenarnya ini ketan sarikaya versi menggunakan gula merah.


Sarimuka
By: dyah bunda fatih&akbar


Bahan :
350 gr ketan putih
2 bks santan kara + 150 ml air
Garam secukupnya
250 gr gula merah+ 350 ml air (buat syrup gula)
2 bks santan kara uk kecil
4 sdm tepung beras
1 sdm terigu
3 butir telur
Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Masak beras ketan, santan dan garam, masak hingga ketan hampir matang (aku menggunakan rice cooker)
2. Siapkan loyang persegi alas dengan plastik yang dioles minyak secukupnya, selagi panas tuang ketan kedalam loyang tekan-tekan permukaan ketan hingga rata menutupi dasar loyang(usahakan benar-benar dipadatkan agar ketan tidak buyar saat matang nanti), taruh dalam kukusan dengan api sedang.
3. Lapisan atas : siapkan syrup gula merah, masukkan santan, tepung beras dan terigu aduk hingga benar-benar tercampur, tambahkan telur yang sudah dikocok lepas kocok menggunakan whisk hingga tercampur.
4. Tuang diatas lapisan putih dengan cara disaring, kukus selama 45-55 menit atau sampai lapisan atas sudah set. Angkat dan dinginkan, siap untuk dipotong dan sajikan.




Note :
Pada saat mengukus, lapisi tutup kukusan dengan lap agar air tidak menetes dipermukaan kue. Pada saat menuang lapisan atas tusuk lapisan bawah dengan garpu agar nanti lapisan atas bisa menyatu dengan baik. Apabila ingin ketannya sedikit lebih kenyal beri sedikit air kapur sirih pada saat memasak ketan.



Happy baking...!😍




Tidak ada komentar:

Posting Komentar